Arti penting Terumbu Karang

Gugusan terumbu karang adalah yang bagian yang paling majemuk dan produktif dalam ekosistem laut secara keseluruhan. Mereka adalah bank keanekaragaman genetik dan merupakan tempat hidup sekitar 25% species ikan laut meskipun terumbu karang hanya menempati area yang luasnya hanya 1% dari seluruh habitat laut. Terumbu karang juga menjadi benteng pelindung terhadap terpaan badai serta menrupakan kekayaan sumberdaya hayati bagi negara-negara maritim. Menjaga keragaman dan keutuhan fisik terumbu karang sangatlah penting untuk menunjang kesejahteraan ekonomi dan sosial berjuta-juta orang di dunia. Diperkirakan, sekitar 70% kebutuhan protein sejumlah negara di Asia Tenggara berasal dari perikanan terumbu karang.

Meskipun memiliki nilai yang begitu penting secara regional, nasional dan global, terumbu karang menghadapi bahaya yang sangat besar. Faktor seperti penangkapan ikan secara berlebihan dan penggunaan bahan berbahaya (seperti bahan peledak dan sianida), pembangunan pesisir pantai yang memicu sedimentasi dan eutrofikasi* serta kerusakan dalam skala kecil karena penyelaman rekreasi dan aktifitas perahu berperan dalam kerusakan terumbu karang. Ditambah lagi ancaman dari fenomena alam seperti perubahan iklim dan badai raksasa. Dalam beberapa dekade terakhir 14 juta hektar terumbu karang yang berada di lepas pantai di lebih 93 negara telah hancur oleh ulah manusia.

Penelitian yang dilakukan University of Essex sejak tahun 1997 di beberapa negara Asia tenggara menunjukkan pembangunan pesisir meningkatkan luasnya kerusakan terumbu karang. Peningkatan sedimen yang mengendap di gugusan terumbu menyebabkan karang tak dapat bernafas serta menghalangi cahaya matahari. Matinya terumbu karang meningkatkan erosi yang pada akhirnya menghancurkan terumbu sampai habis.

Tanpa adanya penelitian dan usaha untuk menjaga kelestariannya, diperkirakan lebih dari 70 persen terumbu karang di dunia akan habis dalam masa hidup kita.

“Eutrofikasi adalah proses meningkatnya unsur hara yang berlebih di muara yang kemudian menyebar ke daerah pesisir sekitarnya. Proses ini menyebabkan tumbuhnya alga dan tanaman air di atas normal. Akibatnya kadar oksigen meningkat sehingga menekan pertumbuhan karang”.

2 Tanggapan to “Arti penting Terumbu Karang”

  1. ck ck..kembali pada kesadaran masyarakat kita akan pemeliharaan dan pelestarian kekayaan alamnya, dalam hal ini terumbu karang..
    salam kenal (alfarolamablawa.wordpress.com)

  2. Rawatlah terumbuh karang dgn baik’
    Selalu tingkatkan kepedulian padda Alam .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: